Jumat, 05 Oktober 2012

Puyol Pernah Nyaris Dibuang Barca



Carles Puyol menjadi bagian integral dari sukses Barcelona belakangan ini. Namun siapa yang mengira jika ia pernah nyaris dijual klub saat masih bermain di tim muda Azulgrana.
Fakta tersebut diungkap penulis Lluis Lainz dalam bukunya BEHIND CLOSED DOORS yang mengupas sejarah 113 tahun klub Catalan tersebut. Ia mengungkapkan jika Puyol dipandang sebelah mata oleh staf pelatih saat itu.
“Puyol melakukan debut dalam laga persahabatan lawan Sallent. Pelatih yang menanganinya di tim Juvenil A puas dengan performanya. Meski begitu Oriol Tort, saat itu kepala tim akademi klub, tak puas dengan apa yang ia saksikan,” tulis Lainz.
Selain Tort, pelatih Barca lain yang mengabaikan Puyol adalah Ronald Koeman. “Di mata Koeman, Xavi ditakdirkan jadi pemain hebat. Tapi tidak Puyol, karena ia tak sekaliber Xavi,” imbuhnya.
Setahun kemudian, ganti Llorence Serra Ferrer yang menepikan Puyol. Bahkan menurut Lainz, bek berambut kribo itu nyaris dijual ke Malaga. Namun setelah mendapat dukungan presiden klub, Josep Lluis Nunez, Puyol bertahan dan akhirnya menemukan tempat dalam tim Louis van Gaal serta ‘menjadi simbol klub dan model untuk generasi masa depan’.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes