Jumat, 05 Oktober 2012

John Terry Dihukum Bukan Karena Tindakan Rasial



Bek Chelsea, John Terry, dipastikan tidak melakukan tindakan rasial meski dituntut hukuman empat kali larangan bertanding dan denda £220 ribu (setara Rp3,4 miliar).
Pekan lalu, Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) menuntut Terry dengan hukuman empat kali larangan bermain dan denda atas ucapannya terhadap bek Queens Park Rangers, Anton Ferdinand. Meski menyatakan ucapan bernada rasis, bek 31 tahun tersebut dinyatakan tidak melakukan tindakan rasial terhadap Ferdinand.
Dalam keputusan tertulis yang diterima Terry hari ini, Jumat 5 Oktober 2012, panel independen FA memastikan ucapan kapten Chelsea itu kepada Ferdinand dianggap sebagai hinaan, bukan rasial.
Sebelumnya, Terry mengakui telah mengucapkan kata bernada rasial ke Ferdinand pada pertandingan di Loftus Road, Oktober 2011 lalu. Namun, hal itu dilakukan Terry sebagai tindakan pembelaan. Pasalnya, Ferdinand telah menuduh Terry mengucapkan kata “hitam” kepadanya.
“Komisi disiplin puas, dan menemukan keseimbangan probabilitas, bahwa kata-kata menyinggung yang diucapkan (Terry) dengan cara menghina,” demikian laporan tertulis FA yang diterima Terry.
Hal tersebut didukung dengan pernyataan sejumlah pemain kulit hitam lainnya yang mengatakan Terry bukanlah pemain rasial. “Hal ini diterima oleh semua orang yang terlibat dalam proses pidana dan disiplin, bahwa tuan Terry tidak rasis,” ujar FA dalam laporan tersebut.
Terry punya waktu dua pekan untuk mengajukan banding. Tindakan FA untuk menyelidiki kasus tuduhan rasial ini membuat Terry memutuskan pensiun dari timnas Inggris.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes